Walaupun berdomisili di Jogjakarta, saya sering bolak-balik ke Jakarta karena emang kantor pusat Kulina ada di Jakarta. Berkantor di area SCBD, kawasan bisnis yang cukup padat dan banyak kantor besar di highrise building ada disana. Area segitiga emas kalo orang bilang. Pun kebanyakan pelanggan Kulina ada wiliayah tersebut.
Bukan karena kebetulan target customer Kulina adalah di high rise building, tetapi justru Kulina ada karena merespon problem disana.
Walaupun cukup bergengsi punya kantor di wilayah bisnis yang keren, tapi banyak masalah juga terjadi pada para pekerjanya. Salah satunya adalah tidak semua karyawan yang berkantor di area ini punya pendapatan yang cukup tinggi. Tapi mereka berada di lingkungan kerja yang mahal, bisa jadi tuntutan gaya hidup yang wow, ataupun pergaulan sosial yang berbiaya tinggi. Gimana bisa cukup nih gaji utk sebulan!
Fix cost bulanan yang susah untuk dikurangi adalah bayar tagihan kartu kredit, pulsa, biaya transport harian, uang sewa kos, dan makan.
Kita fokus ke soal ‘Makan’ aja, lebih spesifik lagi ke Makan Siang. Selama saya ngantor di Jakarta, saya coba juga beberapa alternatif tempat makan siang di sekitar kantor untuk bener2 merasakan jadi pelanggan Kulina dan tau lebih mendalam kenapa mereka akhirnya berlangganan Kulina.
- Di Mall, ato restoran fastfood yang nyaman gitu paling murah sekali makan habis 60rb an. Itu aja kadang gak kenyang, pulang beli snack ato camilan ya jadi paling gak 80rb.
- Di kantin gedung paling gak habis 35rb an. Ato klo lauk minimalis ya bisalah dapet 25rb. Tapi antrinya minta ampun, berjubel. Udah ngantri di lift untuk turun, antri juga di kantin. Ngejar waktu 1 jam istirahat jadi makan keburu2. Dan bosen juga klo tiap hari menunya itu2 aja.
- Warung emperan belakang gedung. Sering juga disebut AMIGOS (Agak Minggir Got Sedikit). Nah ini bisa dapet 20rb an udah enak, tapi gak yakin juga bersih apa nggak. haha. Panas, berdebu, banyak asap rokok dan kadang bau comberan dari selokan deket situ. Pernah sekali pesan es teh gak jadi diminum soalnya liat mamangnya ambil es dari karung, dipecahin trus masukin ke gelas pake tangan gitu ambil es nya. Tep nekat coba cicipin rasanya kaya air kamar mandi, langsung bayar trus cabut.
- Delivery pake Gojek, mahal di ongkirnya klo gak ada barengannya ato gak ada promo. Tetep totalnya abis 35-40rb an juga.
- Bawa bekel? ya kali klo sempet. Pagi2 buta aja udah harus berangkat biar gak kena maceet dan sarapan seadanya.
Makan siang enak di Restoran |
Kantin deket kantor |
AMIGOS - Agak Minggir Got Sedikit |
Anggep aja makan siang ganti2 deh, awal bulan di mall, tengah bulan di kantin, klo mager order go food, nah pas akhir bulan di warung. Tetep aja paling gak 20 hari kerja habisin 1jtan cuma untuk makan siang.
Kalo gaji rata2 staff admin 4-5jt, nah lho udah hampir 25% cuma untuk makan siang aja. Ya jelas bakal gak cukup. Apalagi klo cewek, harus anggarin buat beli makeup dan perangkat lain penunjang penampilan. Klo cowok mkin harus ada anggaran buat hobi, kaya action figure, gadget ato diecast. Belum klo sorenya diajak nongkrong, lhaa duit lagi. Ini masalah!
Walaupun waktu awal berdiri Kulina berupa marketplace untuk dapur dan restoran, pada akhirnya Kulina bisa ketemu sama `real problem` untuk dicari solusinya.
Kulina lunch menjawab persoalan itu, langganan makan siang di Jakarta dengan harga 25rb/box sudah termasuk ongkos kirim. High quality food, proses higienis, menu berganti setiap hari.
Kadang ada menu seafood dan daging sapi, Kok bisa harga segitu? Beneran gak nih?
Kulina bisa mempertahankan kualitas dengan harga terjangkau karena memotong beberapa cost yang tidak perlu.
- Karena transaksi online, dapur tidak perlu membuka warung fisik ato sewa tempat dilokasi dekat kawasan kantor. Harga jual jelas beda klo beli diwarung sama ambil langsung di dapur kan.
- Order h-1, artinya dapur dapet fix order setiap hari. Gak perlu lebihin belanja stok, apalagi bahan yang gak tahan lama. Dapur bisa efisien dalam belanja.
- Delivery bisa murah, karena Dapur Mitra disebar di berbagai wilayah. Jadi pelanggan akan mendapat makanan dari dapur terdekat. Angka kemungkinan keterlambatan juga jadi kecil.
Muncul pertanyaan:
Kalau dalam satu alamat ato satu gedung ada banyak pelanggan, Kulina untung banyak dong? Deliverynya cuma keitung sekali angkut.
Kalau dalam satu alamat ato satu gedung ada banyak pelanggan, Kulina untung banyak dong? Deliverynya cuma keitung sekali angkut.
Jawaban:
Kalo ada lebih dari 1 pelanggan dalam satu alamat, kami kembalikan sisa ongkirnya. Serius! Bahkan kalo ada lebih dari 10 pelanggan dalam satu alamat, ta kasi kembalian full Rp 5000/orang setiap hari. Seriusan.
Kalo ada lebih dari 1 pelanggan dalam satu alamat, kami kembalikan sisa ongkirnya. Serius! Bahkan kalo ada lebih dari 10 pelanggan dalam satu alamat, ta kasi kembalian full Rp 5000/orang setiap hari. Seriusan.
Ada yang tanya lagi:
Ada Diskon lainnya gak?
Ada Diskon lainnya gak?
Jawaban:
Adaaa! Kalo kamu langganan 20 hari ato lebih sekaligus ta kasi DISKON 10%. Kenapa? Karena Kulina dan dapur akan lebih efisien lagi belanjanya. Baik belanjaan stok maupun packaging.
Adaaa! Kalo kamu langganan 20 hari ato lebih sekaligus ta kasi DISKON 10%. Kenapa? Karena Kulina dan dapur akan lebih efisien lagi belanjanya. Baik belanjaan stok maupun packaging.
Kalo tadinya anggaran makan siang mu sekitar 1jtan/bulan, dengan langganan Kulina 20hari langsung kamu bisa hemat lebih dari 500rb/bulan. Kan banyak tuh! Buat modal pacaran misalnya. hahahaha. :)
ada yang tanya lagi:
Udah banyak po yang langganan Kulina?
Udah banyak po yang langganan Kulina?
Beberapa gedung yang sudah banyak pelanggan Kulina nya:
- Menara BCA
- Landmark Tower A
- AIA Central
- Sahid Sudirman Center
- Plaza 89
- BNI Kantor Pusat
- OCBC NISP Bank
- Menara BTPN
- Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Republik Indonesia
- BCA Wisma Asia II
- Equity Tower
- Sinar Mas Land Plaza Jakarta
- Tokopedia Tower
- RDTX Tower
- Menara Mulia
- PT. JAKARTA KONSULTINDO (JAKKON)
- Wisma GKBI
- Chase Plaza
- Panin Dai-Ichi Life
- Sampoerna Strategic Square
- dan masih banyak lagi……
Comments